New Digital Technology

 


        Era informasi baru yang terus berkembang, dengan kemajuan di seluruh dunia. Ada 31 miliar orang mencari sesuatu Google setiap bulannya. 350.000 video online ditonton setiap hari. Lebih dari 500 situs web dibuat setiap detiknya. 6 miliar ponsel di seluruh dunia telah memimpin teknologi baru, yang sekarang mencakup 10% dari semua penggunaan internet di seluruh dunia. Negara Cina yang sekarang memimpin dunia karena menciptakan banyak merek ponsel dibandingkan dengan negara lain, dan teknologi ini juga merupakan fenomena di Afrika: “Difusi dan penyebaran ponsel yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh kelas sosial di Afrika tetap menjadi salah satu contoh paling signifikan dari dampak teknologi digital pada benua.”(Mabweazara, 2015, p. 2).

     Teknologi cetak dan siaran menjadi yang kedua ketika pengalaman manusia bersifat multi-indera dan multi-jaringan. Media digital memiliki ciri khas sebagai sistem teknologi. Setiap media memiliki tata bahasanya masing-masing, yaitu elemen-elemen yang memungkinkannya berkomunikasi. Teknologi sistem berita berubah pada akhir abad ke-20. Dengan dekade 1990-an, televisi menjadi sumber utama berita dan radio informasi sangat vital. Ada pun fase-fase era digital baru :

  • Fase I - Surfacing (1950-1995)

        Fase ini manusia diperkenalkan teknologi dengan cara paling sederhana. Di era 1980-an, Personal Computer (PC) muncul dan ditahun 1990-an adopsi internet mulai menyebar.

  • Fase II - Organizing (1990-2015)
        Fase ini adalah fase di mana pengakses teknologi mengatur informasi dari internet dan membuatnya bisa diakses secara global. Dengan demikian maka hadirlah smarphone, perangkat yang menawarkan akses lebih cepat dan mudah.  

  • Fase III - Extracting (2010-2025)
        Saat fase II adalah berlangsung, fase ini juga terjadi di awal 2010. Bedanya, fase tersebut berperan penting dalam proses penggabungan teknologi dengan manusia. Era ini mempresentasikan pendewasaan situs web, mesin pencarian menjadi lebih pintar, penetrasi smartphone semakin meluas, konektivitas lebih cepat dan unggul. Pada fase ini juga terjadi perkembangan machine learning, Artificial Intelligence dan asisten virtual.

  • Fase IV - Anticipating (2020-2030)
        Fase baru muncul dimana kecerdasan buatan dan deep learning menjadi lebih baik, teknologi mulai mengerti apa yang manusia inginkan baik secara konteks, Asisten virtual dan chatbots akan lebih mengambil peran dalam fase ini.              

  • Fase V - Elevating (2030-2050)
        Fase ini diklaim Chris sebagai fase akhir dari penggabungan teknologi dan manusia. Kecerdasan buatan mengubah cara manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Kecerdasan buatan juga akan memiliki akal seperti manusia, ia bisa bekerja dengan otak manusia.

    Dilihat dari perkembangan fase-fase diatas, kita ada di fase III dan IV dimana penggabungan teknologi dan manusia dikembangkan adanya kecerdasan buatan untuk mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari seperti yang kita terbiasa dengan sistem operasi,perangkat pintar, Internet of Things, Artificial Intelligence dan asisten virtual. Semua nya memiliki dampak yang besar dalam teknologi.

    Di indonesia sendiri mulai mengenal apa itu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mixed Reality (MR). Berkat kepopuleran game Pokemon Go, banyak anak-anak mulai familiar dengan teknologi ini, tidak hanya untuk game tetapi juga edukasi dan hiburan lainnya.

Berikut Beberapa New Digital Trends:

  1. Voice Asisttance


    Asisten suara, juga disebut asisten virtual, asisten digital, dan asisten AI adalah program yang memahami perintah suara bahasa alami dan menyelesaikan tugas yang diperintahkan pengguna. Asisten suara sebagian besar hadir di smartphone yang memungkinkan pemiliknya menjalani hidup lebih mudah dengan menyelesaikan tugas yang biasanya dilakukan oleh sekretaris. Misalnya, Voice assistance dapat menyetel alarm Anda, mengingatkan Anda tentang suatu tugas, menuliskan teks yang Anda ucapkan, dan sebagainya.

  2. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
          Teknologi VR menyediakan pengguna dengan tampilan lengkap di dunia virtual. Dengan menggunakan perangkat eksternal yang biasanya berbentuk headset, pengguna dapat “memindahkan” dirinya ke realitas yang sepenuhnya atau sebagian berbeda.
      Teknologi AR menambahkan berbagai elemen digital ke tampilan langsung. Ini biasanya dilakukan dengan bantuan kamera smartphone.
      Teknologi MR menggabungkan VR dan AR untuk menciptakan pengalaman di mana dunia nyata dan objek digital berinteraksi. Ini adalah yang terbaru dari ketiganya dan sekarang sedang dikembangkan. HoloLens Microsoft adalah contoh teknologi MR.

  3. Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Deep Learning (DL) 


        Ketiganya merupakan bagian integral dari dunia bisnis, dan meskipun tampak serupa, teknologi ini sebenarnya berbeda satu sama lain.
          Artificial Intelligence atau AI menerapkan kecerdasan manusia pada mesin. AI mencakup segalanya mulai dari kecerdasan buatan simbolik hingga pembelajaran mendalam. Sederhananya, setiap kali mesin menyelesaikan tugas berdasarkan seperangkat aturan yang memecahkan masalah (alias algoritma), itu disebut AI.
        Machine Learning atau ML memberdayakan sistem komputer dengan kemampuan untuk belajar. Ini berfokus pada pengajaran komputer untuk belajar sendiri dengan bantuan data yang disediakan dan kemudian membuat prediksi yang akurat.
          Deep Learning atau DL adalah tahap evolusi berikutnya dari ML. Algoritma DL terinspirasi oleh pola pemrosesan informasi di otak kita sendiri. Misalnya, cara kami membuat keputusan dapat tercermin dalam algoritme DL.

  4. Internet of Things (IoT) 

         IoT adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanis dan digital, objek, hewan, atau orang yang dilengkapi dengan pengenal unik dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan manusia-ke-manusia atau interaksi manusia-ke-komputer. Setelah sesuatu terhubung ke Internet, sekarang kita dapat mengirim dan menerima informasi untuk melakukan berbagai tugas. Misalnya, Anda bisa mendengarkan lagu di smartphone anda setelah mencarinya di Internet.

  5. Progressive Web Apps (PWA) 

         Sebenarnya, aplikasi web progresif atau PWA adalah situs web yang terlihat dan terasa seperti aplikasi. PWA menggunakan teknologi progresif yang memungkinkan Anda membuat situs web yang berfungsi hampir sama dengan aplikasi seluler.

  6. Teknologi 5G 


         5G adalah jaringan seluler generasi kelima. Ini adalah evolusi dari jaringan 4G LTE yang digunakan saat ini. 5G saat ini dirancang untuk memenuhi data dan konektivitas yang terus berkembang di masyarakat modern. 5G diprediksi akan beroperasi bersama dengan jaringan 4G saat ini. Setelah itu, akan berkembang menjadi jaringan yang sepenuhnya independen. 5G memiliki konektivitas yang lebih cepat, kapasitas lebih besar, dan waktu respons yang cepat. Untuk menerima dan mengirimkan suara dan data, 5G menggunakan gelombang radio atau frekuensi radio yang disebut juga RF.



1 komentar untuk "New Digital Technology"

Comment Author Avatar
Mantap...
Sangat bermanfaat bro