Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kenali Dulu Bahasa Pemrograman Python agar Paham


Menjadi seorang programmer memang menjadi sebuah keinginan bagi beberapa orang. Terlebih belajar bahasa pemrograman Python merupakan hal yang sangat berguna bagi seorang programmer untuk merancang sebuah sistem atau perangkat lunak. Perihal ini memang sangat diperlukan oleh bisnis atau perusahaan agar mulai beralih dari data fisik menjadi organisasi berbasis data virtual atau elektronik.


Peluang kerja bagi seorang programmer saat ini sangat luas. Perusahaan dan umkm juga membutuhkan seorang programmer untuk merancang sistem yang mampu memberikan efektivitas kerja dan efisien waktu. Tidak hanya itu saja, programmer juga mampu menjadi seorang pekerja lepas (freelancer) untuk mencari tambahan penghasilan sampingan.


Mempunyai keahlian spesifik dalam bidang kerja, memang memberikan sebuah nilai plus. Salah satu keunggulan dari seorang programmer adalah paham mengenai bahasa pemrograman Python yang tentunya akan memberikan dampak besar terhadap personal branding. Apalagi buat kamu yang ingin masuk ke dunia perkuliahan untuk menjadi seorang programmer, nah maka dari itu mengenali apa itu bahasa pemrograman Python tentu sangat wajib untuk dipahami.


Memangnya apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman Python? Apa saja fungsi dan manfaat yang dimilikinya? Agar kamu tidak bingung, ikuti penjelasan di bawah ini yang sudah penulis rangkum dengan baik.


Apa itu Bahasa Pemrograman Python?

Dikutip dari laman resmi milik perusahaan Python, Bahasa Pemrograman Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang mampu diimplementasikan berbagai platform, terkhusus untuk platform yang fokus pada sekumpulan kode. Saat ini, Python menjadi bahasa pemrograman yang sangat terkenal di kalangan programmer Indonesia. Alasannya, bukan untuk perusahaan saja, namun kalangan para civitas dan akademisi menggunakan bahasa pemrograman ini guna menjadi bahan penelitian dalam bidang pendidikan.


Data science, Internet of Things (IoT), dan alat pembelajaran sangat berkaitan dengan implementasi dari bahasa pemrograman Python. Para programmer sudah biasa menggunakan Python sebagai prototype dan scripting untuk pengelolaan infrastruktur ataupun membuat website dengan skala yang besar.


Sebuah penelitian yang dihasilkan oleh Developer Economics – State of the Developer Nation mengatakan bahwa sudah 75% pada tahun 2021 pengembang machine learning dan data scientist aktif menggunakan bahasa pemrograman Python.


Tujuan Python Digunakan

Pada umumnya, Python merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang maupun mengembangkan website, software, visualisasi data dan beberapa otomatisasi tugas.


Perihal ini sangat memungkinkan karena Python cenderung lebih mudah dipelajari dan dipahami ketimbang bahasa pemrograman lain, sehingga banyak yang mengadopsi Python seperti kalangan non-programmer misalnya ilmuwan dan akuntan yang menggunakan untuk membantu tugas-tugas yang ada.


Bahkan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, Python juga dioperasikan mengenai tugas-tugas yang lain juga. Penasaran mengenai apa saja tugas yang digunakan? Berikut ini penulis sebutkan dibawah ini.


Analisa data dan Machine Learning

Dikutip dari laman resmi Coursera, banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh Python dalam dunia teknologi informasi, karena digunakan untuk analisa data sekaligus machine learning. Hal ini dapat dibuktikan karena para profesional dan analisator melakukan olah data statistik yang begitu rumit dan membuat visualisasi data menggunakan Python. Para profesional itu juga bisa merancang sebuah algoritma machine learning sekaligus menganalisis dan memanipulasi data, dan menyelesaikan tugas yang saling berkesinambungan dengan data lainnya.


Scripting dan Otomatisasi

Python juga menjadi dasar untuk mengembangkan sistem yang dapat dijalankan secara otomatis. Teknologi Python mendukung banyak kode dan fitur guna merancang script yang digunakan untuk menjalankan tugas secara otomatis sesuai perintah. Bahkan, saking mudah untuk digunakan, banyak programmer pemula yang menggunakan Python untuk belajar script sederhana untuk menjadi cikal bakal ketingkat bahasa pemrograman yang selanjutnya.


Software Testing

Dalam membangun software, tentunya ada proses yang namanya software testing. Proses ini adalah melakukan kontrol, pelacakan bug dan melakukan cek apakah software mampu berjalan dengan baik. Dengan menggunakan Python, programmer mampu menguji produk dan fitur yang ada untuk dikembangkan menjadi fitur baru. Fitur yang digunakan dalam Python sebagai software testing yaitu Green dan Requestium.


Pengembangan Website

Python merupakan bahasa yang cocok untuk digunakan sebagai perancang dan pengembang situs web. Dapat dibuktikan bahwa Python cukup mumpuni karena situs web besar sudah menggunakan Python sebagai pengembang situs web mereka seperti Django, Spotify, Reddit, Mozilla, Pyramid, dan Flask. Mengingat serbaguna dan kemudahan penggunaannya, maka tidak heran jika Python menjadi bahasa pemrograman paling favorit di seluruh dunia dalam pengembangan situs web.


Alasan Belajar Python untuk Pemula

Python memang sangat simple dibanding bahasa pemrograman lain. Alasan berikut ini mengapa pemula harus belajar Python.

  1. Lebih efektif dan sederhana
  2. Mudah untuk dipahami dan dipelajari
  3. Perusahaan-perusahaan besar menggunakan Python untuk merancang sistem dan webnya.
  4. Cocok untuk programmer pemula atau yang ingin belajar pemrograman dari dasar.


Alat untuk Belajar Bahasa Pemrograman Python

Alat-alat ini yang harus kamu persiapkan untuk memulai belajar python dalam bahasa pemrograman.

  1. Python, sebagai bahasa pemrograman agar program dapat dijalankan.
  2. Teks Editor?IDE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menulis sekumpulan kode.


Bagaimana Cara Menginstall Python?

Bagi pengguna sistem operasi Linux, Python tidak perlu diinstal lagi karena sebagian besar Linux sudah tersedia secara default yang dapat digunakan.

Untuk mengeceknya sangat mudah, silakan ketik perintah python –version di terminal



Bagi pengguna windows, Python dapat diinstal secara manual dengan mendownload dahulu di website resmi Python. Kemudian jalankan exe dan tinggal instal seperti menginstal perangkat lunak yang lain. Setelah terpasang, Python dapat digunakan dalam sistem operasi Windows. Perlu diketahui Python dapat berjalan pada Windows 7, 8, 10 dan terbaru.


Penjelasan Versi Python

Ada dua versi Python yang dapat digunakan oleh programmer dan beredar sekarang ini yakni versi Python 2 dan 3. Keduanya memiliki perbedaan, sebagai berikut :

  • Python versi 2 adalah versi yang banyak digunakan saat ini dalam lingkup produksi serta pengembangan.
  • Sedangkan Python versi 3 adalah lanjutan dari Python versi 2 yang mempunyai banyak fitur dibanding Python 2.
  • Untuk membuka Python versi 2 hanya menggunakan perintah Python saja, namun dalam Python versi 3 mengharuskan menggunakan perintah dari Python versi 3.



Versi apa yang harus dipilih?

Untuk penggunaan versi python tentunya harus menyesuaikan kebutuhan, jika untuk pemula atau belajar maka dapat menggunakan Python versi 2. Sedangkan untuk yang sudah ahli dalam dunia programmer, maka dapat menggunakan Python versi 3.


Menyiapkan Teks Editor/IDE untuk Menulis Kode

Teks editor berguna untuk menulis program Python. Banyak sekali penyedia teks editor ini, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan jika perlu yang sederhana saja. Bahkan penggunaan Notepad maupun Notepad ++ yang biasa digunakan untuk program html pun dapat digunakan untuk menulis kode Python namun kurang mumpuni.


Itulah penjelasan lengkap mengenai bahasa pemrograman Python. Bagi kamu yang ingin terjun ke dalam bidang program dan IT, tentunya harus memahami artikel ini lebih dahulu. Semoga Bermanfaat.

 

 

Posting Komentar untuk "Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kenali Dulu Bahasa Pemrograman Python agar Paham"