Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman

   


Di era serba digital seperti saat ini, hampir semua kebutuhan dapat diakses dengan mudah. Teknologi berkembang pesat seiring dengan pembaharuan sistem dan fitur dari sebuah bahasa pemrograman dengan tujuan agar dapat memberikan kemudahan serta manfaat bagi manusia dari berbagai aspek maupun bidang.

Contoh sederhananya saja, aplikasi-aplikasi yang terdaftar di google play store pada smartphone maupun sebuah website toko online seperti marketplace merupakan dari sekian banyak bahasa pemrograman yang mampu memberikan manfaat bagi setiap pengguna. Hanya dengan mengklik layar smartphone atau desktop, kita bisa membeli maupun bermain game.

Meski begitu, bagi sebagian orang awam memang akan terasa sulit ketika kali pertama belajar bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi ataupun website. Beda halnya, jika sudah expert di dunia programming karena tidak perlu banyak waktu untuk membangun sebuah sistem di dalam bahasa pemrograman agar dapat digunakan oleh user.

Tapi, tahukah kamu jika banyak sekali manfaat yang didapat saat belajar bahasa pemrograman sehingga bagi yang baru kali pertama belajar akan semakin semangat dan terus mengembangkan diri untuk benar-benar memahami bahasa pemrograman itu sendiri. Berikut ini admin rangkum beberapa manfaat yang bisa kamu dapat:

1. Meningkatkan Kreatifitas

Bahasa pemrograman merupakan bahasa mesin berupa kode-kode unik untuk dapat diubah menjadi sebuah sistem yang bisa digunakan oleh manusia. Nah, disini juga diperlukan kreatifitas saat kamu belajar coding tersebut dengan imajinasi yang cukup tinggi. Selain itu, kamu juga harus dapat menyelesaikan permasalahan jika ada kode program yang error atau terdapat bug dalam kode program.

2. Melatih Logika

Selain menumbuhkan imajinasi yang tinggi dan kreatifitas, ternyata belajar bahasa pemrograman mampu melatih logika kamu, lho. Tidak berbeda jauh dengan bidang Matematika atau Science, pemrograman menuntut kamu untuk berpikir secara logis, terarah dan beruntun. Jika kamu memulainya dengan asalan tanpa memikirkan struktur logika dari bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari maka hasilnya pun akan mengecewakan.

Oleh sebab itu, kamu dituntut untuk selalu berpikir logis sehingga program yang kamu buat, misalnya aplikasi, game, maupun website dapat dikembangkan sesuai dengan skema yang telah direncanakan dan pastinya fitur maupun sistemnya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna.


3. Berfikir Lebih Sistematis

Membuat sebuah program bukan hanya belajar pengkodean yang ditulis tanpa adanya aturan atau batasan. Bukan berarti, baris-baris kode yang sudah dikembangkan tidak mempengaruhi kinerja dari sistem aplikasi.

Jadi, saat kamu sedang membuat sebuah program, kode-kode yang telah dibuat harus benar-benar sistematis dan berurutan. Setiap baris harus sesuai dengan kode sebelumnya sehingga terkesan lebih rapih atau tidak berantakan.

Dan perlu kamu ketahui juga, kekurangan yang terkadang tidak disadari oleh programmer pemula saat membuat sebuah aplikasi maupun website salah satunya adalah tidak terlalu memperhatikan setiap kode yang dibuat dan terkesan acak-acakan. Padahal, baris kode yang tidak sistematis cukup mempengaruhi kecepatan load program yang akan dijalankan.

4. Mengenal Banyak Bahasa Pemrograman

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan saat belajar bahasa pemrograman adalah banyaknya bahasa coding yang bisa kamu kuasai. Contohnya, saat kamu sedang memulai membangun sebuah website paling sederhana sekalipun maka kamu akan secara tidak langsung mempelajari beberapa bahasa pemrograman, yaitu HTML, JavaScript, dan PHP.
Bahkan perkembangan dari dunia coding pun kian memperbanyak bahasa mesin tersebut. Setidaknya, ada beberapa bahasa pemrograman yang paling popular saat ini:

- PHP


Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada, PHP memang paling sering digunakan terlebih lagi di Indonesia. Dengan bahasa pemrograman ini kamu dapat membuat sebuah website maupun toko online dinamis secara gratis.

- JavaScript

Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada, PHP memang paling sering digunakan terlebih lagi di Indonesia. Dengan bahasa pemrograman ini kamu dapat membuat sebuah website maupun toko online dinamis secara gratis.

- Python

Bahasa pemrograman ini memang terbilang masih baru bila dibandingkan dengan kedua bahasa yang sudah disebutkan di atas. Di samping itu, Phyton termasuk salah satu bahasa pemrograman yang memiliki kesulitan cukup tinggi namun dapat mudah dipahami oleh pemula, dengan syarat harus benar-benar memahami logika serta algoritma dari bahasa pemrograman itu sendiri.

5. Pekerjaan Dengan Gaji Besar

Buat kamu yang memang sudah terjun belajar bahasa pemrograman, manfaat yang paling menggiurkan adalah salary dari seorang programmer. Hampir kebanyakan perusahaan besar memiliki divisi IT untuk mengembangkan sistem maupun aplikasi di perusahaan tersebut, misalnya saja mengembangkan sistem manajemen perusahaan berbasis digital, stock barang atau produk, dan lain sebagainya.Bahkan perusahaan start up yang banyak bermunculan saat ini sudah mengandalkan seorang programmer untuk menjalankan sistem atau program yang mereka kembangkan. Entah itu untuk seorang developer, data scientist, cyber security, dan job desk lainnya.

Untuk rata-rata gaji seorang programmer yang sudah expert/berpengalaman bisa mencapai angka puluhan juta dan tergantung dari posisi yang ditempati. Di samping itu, dari segi pengalaman menggunakan berbagai bahasa pemrograman serta portfolio yang telah dihasilkan menjadi nilai plus untuk lebih menaikkan salary kamu.

Nah, untuk saat ini menjadi seorang programmer memang sangat menjanjikan dan selalu dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Bukan hanya pendapatan yang sangat mencukupi namun kualitas diri kamu pun akan lebih optimal. Tetapi kamu tidak usah berkecil hati jika kamu seorang programmer pemula dengan salary yang belum besar, karena dengan pengalaman serta hasil kerja kamu menghasilkan karya berupa aplikasi dengan sistem yang baik akan memberikan dampak yang luar biasa untuk kamu di kemudian hari.

Belajar bahasa pemrograman memang sangat menarik dan tidak hanya mengasah kemampuan kamu untuk menguasai setiap baris kode yang diciptakan, namun pada intinya juga adalah kemampuan kamu untuk mengembangkan diri serta mengatur pikiran agar dapat menyelesaikan setiap permasalahan secara logis dan sistematis. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman"