Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika memang sedang tren di era sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli teknik informatika justru keberadaan teknisi IT menjadi kewajiban di semua perusahaan.Hal ini dikarenakan semua bidang usaha pasti menggunakan layanan komunikasi berbasis teknologi baik dalam sistem kerjanya atau di bagian promosi, dan tentu hal tersebut membuat permintaan pekerja IT semakin dibutuhkan.

Teknik Informatika adalah sebuah bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari mengenai teknologi komputer dan pengolahan data secara logika. Di dalam Jurusan Teknik informatika kamu akan diajari berbagai hal mengenai ilmu komputer secara umum seperti perakitan komputer, pengoperasian, pengembangan serta evaluasi perangkat lunak komputer. meskipun setiap fakultas mungkin fokus mempelajari bidang tertentu akan tetapi secara garis besar kamu akan mempelajari hal yang sama.

Maka tidak heran Pendidikan teknik informatika sudah menjadi jurusan yang paling banyak diminati, bahkan saat SBMPTN 2021 jurusan ini berada di peringkat 5 besar dari jurusan pendidikan paling banyak dipilih oleh calon mahasiswa.

Itu karena lulusan teknik informatika memiliki potensi besar kepada peluang pekerjaan di masa depan mendatang. Terlebih di era digitalisasi seperti ini sangat berhubungan erat kepada orang yang mempunyai kemampuan teknologi informasi. Untuk peluang pendapatanya pun tidak kalah besar, profesi di bidang IT jika sudah masuk ke ranah profesional rata - rata gaji sebesar 7 Juta sampai 45 Juta per bulan.

Berikut adalah prospek kerja Jurusan Teknik Informatika yang diprediksi akan tetap eksis lebih dari 10 tahun kedepan.

1. Full Stack Developer


Jenis karir pertama yang mempunyai prospek kerja bagus di jurusan teknik informatika yaitu Full Stack Developer. Full Stack Developer adalah orang yang berprofesi di bidang pemrograman yang menguasai desain program dari sisi frontend maupun backend. Karena harus menguasai dua bidang sekaligus yaitu front end dan back end maka full stack developer harus memegang tanggung jawab yang lebih besar, jadi agak sulit kualifikasi untuk dapat masuk ke bidang ini. 

Oleh karena itu gaji yang ditawarkan pun cukup sepadan dengan tanggung jawab dan tugas yang di pegang, di indonesia sendiri gaji untuk full stack developer berkisaran antara 10 - 50 juta perbulan.

2. Mobile Developer

Salah satu pekerjaan di jurusan teknik informatika yang ke dua yaitu Mobile Application Developer. Orang yang bekerja di bidang Mobile Developer bertanggung jawab untuk membuat aplikasi, menguji, dan mengembangkan aplikasi yang pernah dibuat serta mengatasi masalah masalah pada aplikasi yang ada. Tentunya untuk bisa masuk ke bidang ini kamu perlu masuk ke jurusan teknik informatika lalu harus mahir di bidang mobile development yaitu pemrograman aplikasi android.

3. Digital Marketer


Seiring berkembangnya sosial media, maka akan timbul kesempatan kerja baru yang bisa diambil di bidang media sosial, salah satunya yaitu digital marketing. Sebenarnya bidang digital marketing sama hal nya dengan ilmu marketing seperti dulu. Hanya saja memanfaatkan teknik marketing ke dalam ranah digital, digital marketer bertugas untuk mempromosikan produk atau layanan sebuah perusahaan melalui semua platform broadcast yang ada, baik itu website, sosial media maupun email. 

Untuk bisa menjadi digital marketer tentunya kamu perlu mahir menggunakan komputer dan layanan platform media sosial yang ada. Selanjutnya kamu harus menguasai berbagai tools advertiser seperti google ads, facebook ads dan platform advertiser lainya.


Baca juga :

1 komentar untuk "Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika"

Comment Author Avatar
sangat baik sangat memotivasi saya, terimakasih atas beritanya